sug_rwuh

Senin, 07 Juni 2010

Kesenian Rakyat



Seni adalah hasil karya cipta manusia yang memiliki nilai estetika dan artistik.Di jaman serba modern ini bentuk seni telah memiliki banyak perkembangan dan berbagai macam bentuk aliran ,pandangan dan pengertian.
Dalam berwawasan seni mesti memiliki penentuan pandangan,sikap,pendekatan untuk memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip berkesenian terhadap sebuah karya seni.
Definisi pengertian seni berasal dari istilah sebuah kata art(latin) yang berarti kemahiran/keahlian,di indonesia di ungkapkan sebagai pemujaan terhadap sesuatu dan dalam bahasa jawa di sebut dengan rawit yang berarti ruwet.
Pandangan pengertian seni menurut Ki hajar dewantara adalah segala bentuk perbuatan yang timbul dari perasaan dengan sifat indah yang menggerakan jiwa perasaan,dalam pandangan Ahdian seni merupakan kegiatan rokhani yang merefleksikan realitas ke dalam suatu karya yang memiliki bentuk dan isi untuk membangkitkan pengalaman-pengalaman tertentu ke dalam rokhani para penerima,sedangkan plato reuseu berpendapat bahwa seni tercipta dari hasil peniruan bentuk alam dengan segala seginya,dengan berbagai macam pengertian dan pandangan seni ini dapat di simpulkan seni merupakan suatu perwujudan sebuah bentuk dari hasil cipta-karya-rasa manusia yang di tuangkan dalam bentuk tiruan benda,keadaan alam dan kehidupanya.
Seni terbagi menjadi dua macam bentuk di antaranya : Seni Primitif dan Seni Klasik.
Seni primitif lahir dari bentuk kebudayaan awal suatu adat yang belum mendapat dari luar,seni primitif berpedoman pada aturan-aturan adat dan kaidah yang di wariskan secara turun-temurun.
Seni klasik yaitu sebuah seni yang telah mengalami pengembangan dan penyempurnaan dengan mengolah kaidah sebelumnya.
Dalam perkembanganya seni terbagi dalam dua jenis yaitu seni murni dan seni pakai,seni murni merupakan hasil karya seni yang dapat di nikmati secara langsung,hasil seni ini dalam di nikmati dalam bentuk patung,lukisan,musik,tari dan masih banyak seni-seni lain yang dapat di nikmati secara langsung tanpa menggunakan perantara,sedangkan seni pakai adalah sebuah hasil karya cipta yang sengaja di buat memiliki manfaat bagi kehidupan para pemakai,hasil seni ini di buat untuk mendukung kepentingan/kebutuhan hidup sehari-hari sebagai perlengkapan perabot rumah tangga,busana dan hasil karya lai yang di cipta untuk mendukung kepentingan kebutuhan.
Seni di cipta untuk di nikmati berdasarkan fungsi dan kegunaanya,untuk menikmati sebuah seni di perlukan pengertian terhadap seni itu sendiri,para pujangga berkata Tak Kenal Maka Tak Sayang, maka mengenal dan mengerti seni di butuhkan untuk dapat menerima dan menikmati seni, agar seseorang dapat menilai, menghargai, memanfaatkan dan menempatkan sebuah hasil karya seni dengan tepat sesuai fungsi dan kegunaanya untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan tujuan dan maksud terciptanya sebuah hasil karya seni itu sendiri.
Kesenian rakyat adalah sebuah kesenian yang tumbuh di lingkungan masyarakat pedesaan berlatar belakang sebuah tradisi adat dan budaya yang di wariskan secara turun temurun. Kesenian rakyat telah mengalami banyak perkembangan karena adanya kesadaran masyarakat akan seni dan berkesenian hingga membuahkan karya kesenian rakyat baru dari hasil kreatifitas anggota masyarakat. Seperti halnya sebuah kesenian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar