sug_rwuh

Senin, 07 Juni 2010

takhayul

 Di dukuh Gribigan di daerah Demak, ada desa yang apabila pejabat lewat situ, ia akan mati atau paling tidak jabatannya turun. Sama di desa Mijen Banteng mati. Sampai sekarang tidak ada yang berani lewat situ. Namun ada juga yang mengacuhkannya. Akan tetapi warga di desa itu sering memberi sesaji agar tidak ada kejadian buruk.

 Di Mutih kulon ada sumur yang dipercaya sakti di dekat Jepara. Dipercaya meyembuhkan sakit penyakit , bisa membantu menambah kekuatan. Banyak masyarakat yang memberikan sesaji juga. Bagi yang kurang percaya kadang mengalami sakit.

 Di desa Ngawen tiap mau menanam padi harus nanggap wayang, kalau tidak , ada perempuan yang datang dan hasil panen kurang memuaskan.

 Di Karanganyar Demak ada cerita anak muda mudi yang meninggal karena terlindas kereta api ,arwahnya menghantui sekitar tempat itu.

 Takhayul atau kepercayaan masyarakat setempat adalah bambu sate. Yaitu bamboo tetapi daunnya berbau sate. Menurut masyarakat setempat, pada waktu dulu ada orang yang menancapkan tusuk sate pada tanah tersebut. Kemudian tusuk sate tersebut tumbuh menjadi pohon bambu yang daunnya berbau sate (prengus).

 Di Desa Bejalen Ambarawa, ada takhayul pada saat diadakan Upacara ngekol, yaitu tidak boleh mengambil sesaji apapun yang ada di dalam prosesi upacara sebelum doa dibacakan oleh juru kunci,walaupun sesaji itu nantinya akan diperebutkan. Warga boleh mengambil sesaji itu setelah upacara selesai, karena kalau warga mengambilnya sebelum upacara selesai orang yang mengambil itu akan menjadi gila.

 Masyarakat mempercayai sebuah takhayul yang menyebutkan bahwa bila ada tamu yang terlalu lama bertamu dan tidak mau segera pulang, maka dapat dipaksa pergi dengan jalan membawa(secara tersembunyi) sebuah alat ulegan (munthu) dihadapanya. Bila hal itu dilakukan maka tamu tersebut akan pulang dengan sendirinya.

 Masyarakat mempercayai bahwa ada hantu yang disebut wewe gombel, yaitu hantu wanita yang suka mengambil pakean dalam yang dijemur dan pada malam hari belum diangkat.

 Di kecamatan Plantungan, Kendal, masyarakat mempercayai apabila dipagi hari berbicara kepada orang lain dan membicarakan hal-hal yang bersifat jelek, maka pembicaraan tersebut akan terjadi. Misal; mengeluh tentang pekerjaan yang membuat malas, kelak hari itu pula akan malas terus dan enggan melakukan apa-apa.

 Di kecamatan Sukorejo, Kendal, masyarakat sekitar mempunyai pantangan jika tidur di tengah pintu, maka akan di beri mimpi buruk atau didatangi makhluk halus.

 Di Kecamatan Plantungan, Kendal, masyarakat percaya jika ada orang yang tidur dengan badan membujur ke utara seperti posisi orang meninggal maka dia akan membujur kaku dan didatangi pocong.

 Di Kecamatan Gunungpati, masyarakat disekitar percaya jika ada jago berkokok sebelum pukul dua belas atau wayah sore ada wanita yang hamil sebelum menikah.

 Di Lawang Sewu Semarang, orang disekitar percaya kalau mengambil foto di sekitar Lawang Sewu tidak boleh bertiga atau berjumlah ganjil, konon akan digenapi oleh makhluk halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar